Rute Perdagangan Laut Tersibuk di Dunia


Semenjak Pada zaman dahulu sampai era modern ketika ini jalanan laut menjadi salah satu rute amat penting bagi perdagangan antarnegara.  Meski dunia penerbangan juga telah maju tetapi kapasitasnya yang besar membuat jalanan laut konsisten tak tergantikan oleh moda transportasi lain. Berikut merupakan rute perdagangan laut paling sibuk di dunia.


Asia - Amerika Selatan

Rute ini yaitu komponen dari Cape Route yang peran utamanya mengaitkan Eropa dengan pelabuhan Asia dan mengitari Afrika. Rute Asia-Amerika Selatan ini mengaitkan samudera Hindia dan Atlantik dimana d yaitu rute perdagangan laut berke paling sibuk

Amerika Utara - Amerika Selatan

Trek Amerika Utara-Amerika Selatan menjadi rute perdagangan laut Samudra Atlantik. Rute perdagangan ini yaitu salah satu rute laut tersibuk yang mengaitkan pelabuhan Selatan dan Amerika Utara

Selat Hormuz

Rute perdagangan laut Selat Hormuz mengaitkan Teluk Persia dan Samudera Hindia (yaitu, Timur Tengah dan Asia), dan yaitu rute paling penting berkaitan transportasi penjualan minyak di dunia.

Selat Malaka

Mengingat jumlah minyak yang dikirimkan dengan kapal di jalanan ini, rute perdagangan laut Selat Malaka mungkin yaitu salah satu rute terpenting di dunia yang mengaitkan pelabuhan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Rute Atlantik Selatan

Rute perdagangan laut Atlantik Selatan mengaitkan Hindia Barat, Brasil dan Argentina di satu sisi dan Eropa di sisi lain. Meski tak dianggap sebagai salah satu rute utama, ini yaitu salah satu rute perdagangan laut tersibuk di dunia

Rute Trans - Pasifik

Rute perdagangan laut Trans-Pasifik mengaitkan pelabuhan Amerika Utara dan pantai Asia timur, dengan pelabuhan penting di Hawaii dan yaitu salah satu rute perdagangan laut tersibuk terbesar di dunia.

Cape Route

Meski ketika ini telah ada pembangunan Terusan Suez, tetapi rute ini sekarang masih menjadi rute perdagangan laut paling sibuk di dunia. Orientasi jalanan pedagangan rute ini sekarang tak cuma berorientasi ke Eropa, tetapi mengaitkan juga pesisir Afrika dan juga Amerika Selatan dan Asia

Rute Terusan Suez

Suez Canal Route (rute terusan Suez) yaitu rute perdagangan laut yang mengaitkan Eropa Tengah dengan Samudera Hindia yaitu Asia. Pembangunannya membuat perjalanan dari Eropa ke Asia untuk sekitar 9.000 km lebih pendek sehingga tak mengherankan bahwa ini yaitu salah satu rute perdagangan laut tersibuk di dunia ketika ini.

Rute Atlantik Utara

Rute perdagangan laut Atlantik Utara mengaitkan pelabuhan penting Eropa dan Amerika Utara seperti New York, Boston, Philadelphia, Toronto, Montreal di satu sisi dan London, Lisbon, Copenhagen, Oslo, Antwerp di sisi lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mendag Akui Indonesia Diserbu